Prestasi belajar dan dukungan yang diberikan oleh ibu bekerja pada remaja awal
Main Author: | Mahaningtyas, Evelyn |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/3552/1/Abstrak.pdf http://repository.wima.ac.id/3552/2/BAB%201.pdf http://repository.wima.ac.id/3552/3/BAB%202.pdf http://repository.wima.ac.id/3552/4/BAB%203.pdf http://repository.wima.ac.id/3552/5/BAB%204.pdf http://repository.wima.ac.id/3552/6/BAB%205.pdf http://repository.wima.ac.id/3552/ |
Daftar Isi:
- Remaja awal ini dapat dikatakan terlewati dengan baik apabila tugas-tugas perkembangannya terpenuhi dengan baik. Salah satu minat para remaja awal untuk memenuhi tugas perkembangannya yaitu dengan cara menunjukkan dengan prestasi belajar. Remaja masih membutuhkan dukungan dalam perkembanganya terutama dari seorang ibu. Namun dengan adanya tuntutan perekonomian saat ini, para ibu banyak yang memutuskan untuk bekerja membantu perekonomian keluarga demi memenuhi kebutuhan keluarga maupun pengembangan ilmu yang telah di dapatnya terdahulu. Peran ibu yang seharusnya menjadi sebagai pengatur rumah tangga dan sebagai ibu atau pendidik sudah menurun dan waktu yang diberikan kepada keluargapun sudah banyak berkurang karena kesibukkannya diluar rumah sebagai pekerja. Subjek penelitian (N 36) adalah remaja awal yang berusia 11-13tahun dengan status ibunya bekerja. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total population study, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan meggunakan angket. Data yang diperoleh dari pengisisan skala dianalisis dengan menggunakan teknik statistik parametik yaitu korelasi Product Moment Pearson. Hasil pengolahan data mendapatkan hasil rxy sebesar -0,205 dengan nilai p sebesar 0,08l (p > 0,05) yang berarti bahwa tidak ada hubungan antara prestasi belajar dan dukungan yang diberikan oleh ibu bekerja pada remaja awal.