Persepsi siswa SLTP terhadap kinerja guru dalam melaksanakan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan motivasi belajar siswa
Main Author: | Christiawan, Hizkia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/3480/1/Abstrak.pdf http://repository.wima.ac.id/3480/2/BAB%201.pdf http://repository.wima.ac.id/3480/3/BAB%202.pdf http://repository.wima.ac.id/3480/4/BAB%203.pdf http://repository.wima.ac.id/3480/5/BAB%204.pdf http://repository.wima.ac.id/3480/6/BAB%205.pdf http://repository.wima.ac.id/3480/7/LAMPIRAN.pdf http://repository.wima.ac.id/3480/ |
Daftar Isi:
- Motivasi belajar adalah daya penggerak psikis yang diperlukan siswa untuk menyelesaikan tugas belajarnya. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah persepsinya terhadap kinerja guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar di kelas, dimana proses belajar mengajar ini mengacu pada kurikulum yang digunakan, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara motivasi belajar dan persepsi siswa terhadap kinerja guru dalam melaksanakan KTSP. Subjek penelitian (N = 114) adalah siswa yang berusia 13-15 tahun, sedang bersekolah di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri 1 Gresik dan peserta mata pelajaran Matematika. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi non-parametrik Kendall’s tau-b. Hasil analisis mendapatkan koefisien korelasi sebesar 0,356 dengan p=0,000 (p<0,05) yang berarti bahwa ada hubungan antara persepsi siswa terhadap kinerja guru dalam melaksanakan KTSP dengan motivasi belajar siswa. Dengan demikian, persepsi siswa terhadap kinerja guru dalam melaksanakan kurikulum berhubungan secara signifikan dengan motivasi belajarnya. Secara deskriptif diperoleh hasil bahwa sebagian besar subjek penelitian mempunyai persepsi terhadap kinerja guru dalam melaksanakan KTSP yang tergolong positif (61,40%) dan sangat positif (24,56%), sedangkan sebagian besar subjek memiliki motivasi belajar yang sangat tinggi (63,16%).