Daftar Isi:
  • Bagi anak gangguan perkembangan intelektual mengenal warna dapat membantu anak dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk pengenalan atau identifikasi uang, baju, dsb (Oktasesa; Damri; Sopandi, 2013). Kemampuan mengenal warna merupakan kemampuan awal untuk melatih visual anak (Rahayu, 2014). Berdasarkan hal tersebut maka kegiatan ABDIMAS yang akan dilakukan di Karang Asem II, Desa Geneng dengan mitra seorang ibu dan anak yang mengalami gangguan perkembangan intelektual ini bertujuan untuk membantu mitra dalam hal ini adalah anak dengan gangguan perkembangan intelektual untuk meningkatkan kemampuan pre-akademiknya, khususnya dalam hal identifikasi warna. Hasil pelaksanaan kegiatan ABDIMAS ini adalah meningkatnya kemampuan identifikasi warna anak RNV dalam melakukan identifikasi warna. Luaran dari kegiatan Abdimas ini adalah draft artikel jurnal dan modul “Applied Behavior Analysis (ABA) untuk Melatih Identifikasi Warna Anak Gangguan Perkembangan Intelektual” untuk didaftarkan HKI.