Daftar Isi:
  • Industri makanan dan minuman di Surabaya terus berkembang. Hal ini dibuktikan dari pelaku UMKM makanan dan minuman ikut berkembang terutama di Kota Surabaya (Latu, 2021). Gaya hidup modern menuntut inovasi produk makanan dan minuman juga bermacam-macam, salah satunya adalah biskuit yang praktis. Kendati demikian, biskuit kerap tidak memiliki kandungan gizi yang baik karena kepraktisannya. Ditambah adanya Pandemi Covid-19 yang mengubah pola hidup masyarakat. Konsumen berusaha memenuhi kebutuhan makanannya dengan produk yang memiliki manfaat untuk kesehatan dan juga praktis. Moriku merupakan solusi atas permintaan konsumen dewasa ini. Moriku mengombinasikan kesehatan dan kepraktisan dalam satu sajian biskuit. Selain mulai sadar dengan kesehatan (health consciousness), konsumen saat ini juga concern terhadap keamanan makanan yang dikonsumsi (food safety). Berbagai kasus kelalaian dalam keamanan pangan membuat konsumen khawatir dengan produk makanan yang akan dibeli. Makanan organik menjadi jawaban untuk kesehatan, sehingga konsumen memiliki sikap yang baik dalam menilai dan melihat makanan organic (attitude). Fenomena inilah yang memunculkan minat beli terhadap makanan organic (purchase intention). Perlunya penelitian lebih dalam dari Moriku sebagai salah satu solusi atas kepraktisan dan kesehatan masyarakat dilakukan dengan metode Structural Equation Model menggunakan media Partial Least Square. Dalam penelitian ini, terdapat 4 variabel laten, 22 indikator dan 114 sampel calon konsumen Moriku. Hasil penelitian menyatakan bahwa health consciousness berpengaruh atas customer attitude toward organic food, food safety concern berpengaruh terhadap customer attitude toward organic food, dan customer attitude toward organic food juga berpengaruh terhadap purchase intention. Variabel health consciousness ternyata juga berpengaruh terhadap purchase intention melalui customer attitude toward organic food, serta food safety concern berpengaruh terhadap purchase intention melalui customer attitude toward organic food.