Analisis komparatif pesan promosi Kedai Kopi Janji Jiwa dan Kopi Kenangan di Instagram @Kopijanjijiwa dan @Kopikenangan.id
Daftar Isi:
- Penelitian ini melihat bagaimana perbandingan pesan promosi dalam media Instagram Kopi Janji Jiwa dan Kopi Kenangan yaitu @Kopijanjijiwa dan @Kopikenangan.id. Kedua brand ini adalah brand kopi peringat pertama dan kedua dalam Top Brand Index mulai tahun 2020 hingga 2023 dengan peringkat yang bersaing. Fokus penelitian ini adalah pesan promosi milik kedua merek kopi nomor satu dan dua pilihan masyarakat Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode analisi isi dengan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif. Pada penelitian ini, isi pesan promosi kedua kedai kopi menggunakan penekanan pesan, penyajian pesan, teknik penyusunan pesan, penarikan pesan, dan daya tarik pesan. Serta juga menggunakan indikator konten berupa bagaimana isi dan tampilan konten. Perbandingan keduanya paling terlihat dari indikator penekanan pesan climax dan anti-climax, dimana Janji Jiwa memiliki tipe penyajian pesan Anti-climax dan Kopi Kenangan dengan tipe climax. Namun selain dalam kategori tersebut, secara keseluruhan kedua kedai kopi ini memiliki kemiripan dalam penyajian pesan promosi.