Reception analysis mengenai stereotipe masyarakat timur dalam isi konten “Barat lebih dari Timur” pada channel youtube SkinnyIndonesian24
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana stereotipe khalayak terhadap masyarakat Papua dalam isi konten Barat lebih dari Timur pada channel YouTube SkinnyIndonesian24. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam serta menggunakan metode analisis resepsi berdasarkan pandangan yang dikemukakan oleh Stuart Hall. Berdasarkan metode analisis resepsi, nantinya peneliti akan membagikan pandangan informan kedalam tiga posisi yaitu posisi dominan yang berarti informan setuju dengan pesan yang di-encoding oleh media, posisi negosiasi yaitu informan menerima sebagain pesan yang diterpakan oleh media, dan posisi oposisi yang berarti informan menolak pesan-pesan yang diterpakan oleh media. Dalam menetapkan kriteria subjek, penelitian ini menetapkan dua kriteia yaitu masyarakat yang berasal dari Indonesia bagian Barat dan masyarakat yang berasal dari Indonesia bagian Timur serta menyukai konten “Barat lebih dari Timur” pada channel YouTube milik SkinnyIndonesian24. Penelitian ini membahas tentang pemaknaan informan terhadap pesan dari konten YouTube “Barat lebih dari Timur” yang didasari oleh frame of refence and field of experience dari masing-masing informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pada sub bab rasisme terhadap masyarakat Papua dua dari empat informan berada pada posisi dominan, satu informan berada pada posisi oposisi, dan satu lainnya berada pada posisi negosiasi. Pada sub bab stereotipe masyarakat Timur itu “keras, kasar dan pemabuk” menunjukan bahwa tiga informant berada pada posisi negosiasi dan satu informan berada pada posisi oposisi. Pada sub bab terakhir tentang media atau entertaiment yang lebih condong menampilkan kebudayaan Indonesia bagian Barat terdapat tiga informan menempatkan diri pada posisi dominan dan satu informan lainnya menempatkan diri sebagai posisi negosiasi.