Daftar Isi:
  • Penelitian ini akan melihat perbandingan strategi image repair yang dilakukan oleh beberapa portal media Kompas, Detik, Tribunnews, dan CNN terhadap PT.Telkom Indonesia terutama Indihome dan Telkomsel dalam menangani kasus layanan jaringan eror akibat kabel bawah laut yang terputus dengan menggunakan 5 indikator dari strategi Image Repair yaitu Denial, Evasion of Respobillity, Reducing Offensive, Corrective Action, dan Mortification. Fenomena ini diangkat karena adanya pandemi COVID-19 pada tahun 2021 yang membuat layanan jaringan menjadi peran utama dalam berkomunikasi, disaat yang bersamaan jaringan dari Indihome mengalami gangguan yang mengakibatkan banyak sekali customer yang terkena dampaknya. Analisis isi komparatif digunakan untuk mengetahui perbandingan gambaran suatu berita strategi yang dilakukan oleh beberapa media yang dipilih oleh peneliti. Penelitian ini berfokus pada bagaimana strategi image repair PT.Telkom Indonesia yang ada di portal media. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator pertama yang sering digunakan yaitu evasion of responbillity kemudian dilanjutkan oleh reducing offensive kemudian disusul oleh mortification keempat corrective action dan yang terakhir denial indikator itu lebih sering digunakan dalam penggunaan strategi image repair.