Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji teori yang menyatakan bahwa ketika terpaan iklan ketika diterima baik pada konsumen, nantinya akan membuat konsumen akan melakukan pembelian berulang terhadap suatu brand sehingga terbentuk brand loyalty. GoPay merupakan salah satu e-wallet yang pertama kali hadir di Indonesia membuat iklan yang menawarkan jaminan saldo kembali ketika handphone hilang sebagai salah satu strategi komunikasi pemasaran untuk memperoleh brand loyalty dari konsumennya di tengah persaingan bisnis yang ketat. Iklan yang telah dibuat GoPay disebarkan melalui media sosial Youtube. terpaan terbagi menjadi tiga indikator yaitu frekuensi, durasi, atensi sedangkan brand loyalty menggunakan indikator switcher, habitual buyer, satisfied buyer liking of the brand, dan committed buyer. Jenis penelitian ini adalah eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik Quota sampling dan pernyataan responden diukur dengan skala likert. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh antara terpaan iklan GoPay versi “cerita ai yang udah buktiin jaminan saldo kembali dari GoPay!” terhadap brand loyalty pada masyarakat di Pulau Jawa. Berdasarkan hasil perhitungan juga ditemukan bahwa terpaan iklan GoPay mendapat nilai rendah dan brand loyalty pada masyarakat di Pulau Jawa dinilai tinggi.