Aktivitas promosi di PT Prodia Widyahusada Tbk cabang Jemursari
Daftar Isi:
- Laporan tugas akhir ini dibuat untuk menggambarkan aktivitas promosi yang dilakukan oleh Laboratorium Klinik Prodia Jemursari. Petugas yang bertanggung jawab melakukan aktivitas promosi di Laboratorium Klinik Prodia Jemursari adalah bagian customer service. Dalam melaksanakan aktivitas promosi, bagian ini dibantu oleh seluruh petugas yang berhadapan langsung dengan pasien. Laboratorium Klinik Prodia menggunakan lima metode komunikasi pemasaran yaitu iklan, promosi penjualan, penjualan tatap muka, humas dan publisitas, serta pemasaran langsung. Metode promosi yang diterapkan oleh Laboratorium Klinik Prodia Jemursari adalah promosi secara fisik dalam bentuk menyelenggarakan seminar kesehatan dan memasang stand atau booth promosi, promosi melalui media tradisional dalam bentuk membagikan brosur dan memasang banner, dan promosi melalui media digital dalam bentuk melakukan aktivitas telemarketing, mengembangkan aplikasi Prodia Mobile, dan mengembangkan Web Prodia. Bentuk bauran pemasaran yang dilakukan oleh Laboratorium Klinik Prodia Jemursari berupa pemberian diskon pada berbagai jenis tes kesehatan dan pemberian souvenir baik yang memanfaatkan event tertentu atau pada saat menyelenggarakan seminar. atau fasilitas khusus bagi pelanggan dan pemberian souvenir. Penulis mengamati bahwa aktivitas promosi di Laboratorium Klinik Prodia Jemursari sudah berjalan baik. Penulis menyarankan agar Laboratorium Klinik ini mempertimbangkan untuk menambah jumlah karyawan di bagian customer service untuk memaksimalkan aktivitas promosi di tempat tersebut.