Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motif pengguna Instagram mengikuti akun Instagram @kokobuncit. Motif yang diteliti terdiri dari social interaction, information seeking, pass time, entertainment, relaxation, communicatory utility, dan convenience utility. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah pengikut (follower) akun kuliner @kokobuncit. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dengan kriteria merupakan pengikut (follower) akun kuliner @kokobuncit yang termasuk generasi milenial yang bertempat tinggal di Kota Surabaya. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan distribusi frekuensi, analisis nilai mean, dan tabulasi silang. Hasil penelitian menjelaskan bahwa urutan motif generasi milenial di Kota Surabaya mengikuti (following) akun Instagram @kokobuncit adalah yang pertama motif entertainment, kemudian motif information seeking, motif social interaction, motif pass time, motif relaxation, motif communicatory utility, dan motif convenience utility. Hasil penelitian menjelaskan bahwa mayoritas generasi milenial di Kota Surabaya mengikuti akun Instagram @kokobuncit untuk mencari hiburan.