Hubungan kualitas pelayanan kader posyandu lanjut usia dengan peningkatan kualitas hidup lanjut usia pada masa pandemi di Puskesmas Kedungdoro Surabaya
Daftar Isi:
- Kelompok lansia adalah yang paling berisiko mengalami morbiditas dan mortalitas akibat penyakit Covid-19, sehingga lansia membutuhkan pelayanan kesehatan agar kesehatan dan kualitas hidupnya selama masa pandemi Covid-19 dapat terjaga seoptimal mungkin. Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan kualitas pelayanan kader dengan kualitas hidup lansia pada masa pandemi. Desain penelitian dengan pendekatan cross sectional. Variabel dalam penelitian adalah kualitas pelayanan kader dan kualitas hidup. Populasi seluruh lansia berusia ≥ 60 tahun di Posyandu lansia Matahari Senja Puskesmas Kedungdoro Surabaya sebanyak 100 orang. Sampel berjumlah 30 responden dan menggunakan metode purposive sampling. Alat ukur menggunakan kuesioner kualitas pelayanan kader dan kuesioner The World Health Organization Quality of Life (WHOQOL-BREF) yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian sebanyak 28 responden (93%) memiliki kualitas pelayanan kader baik, dan 15 responden (50%) memiliki kualitas hidup sangat baik. Uji statistik Rank Spearman menunjukkan r = 0,377, nilai p = 0,040 < 0,05 artinya terdapat hubungan antara kualitas pelayanan kader dengan kualitas hidup lansia pada masa pandemi dengan kekuatan hubungan cukup. Semakin baik tingkat kualitas pelayanan kader maka semakin baik kualitas hidup lansia pada masa pandemi. Kader selalu memberikan pelayanan yang baik, sehingga lansia aktif mengikuti kegiatan Posyandu. Hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup lansia.