Hubungan lama waktu penggunaan gadget terhadap tingkat kecerdasan emosional anak usia pra remaja
Daftar Isi:
- Gadget memberikan kontribusi dalam kehidupan. Penggunaan gadget tidak mengenal umur mulai dari anak usia pendidikan dasar hingga orang dewasa. Penggunaan gadget di luar jam belajar yang berlebihan membawa dampak negatif bagi anak apabila tidak diawasi dengan baik berdampak pada kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan lama penggunaan gadget terhadap tingkat kecerdasan emosional anak usia pra remaja. Peneliti menggunakan desain korelasional pendekatan Cross Sectional. Populasi seluruh kelas 4, 5, dan 6 berjumlah 144 dan sampel 108 responden sesuai inklusi dan eksklusi. Teknik sampel menggunakan purposive sampling. Instrument menggunakan kuesioner kecerdasan emosional dengan 34 pertanyaan sudah di uji validitas dan reabilitas. Hasil lama penggunaan gadget per hari mayoritas sedang sebanyak 54 responden (50%) dan hasil kecerdasan emosional mayoritas adalah sedang sebanyak 67 responden (62%). Uji hipotesis penelitian adalah uji Spearman Rank Test p< 0,000 yang menunjukkan adanya hubungan. Hasil hubungan waktu penggunaan gadget dengan kecerdasan emosional dipengaruhi oleh faktor media sosial, keluarga inti, kelas, jenis kelamin, keluarga besar, ibu bekerja, dan saudara kandung.