Daftar Isi:
  • Pengambilan keputusan ekonomi hanya dengan melihat kinerja keuangan perusahaan,sudah tidak lagi relevan. Untuk itu dibutuhkan alat yang dapat memberikan informasi tentang sosial, lingkungan dan keuangan juga. Sarana ini dikenal dengan nama laporan keberlanjutan (sustainability). Pengungkapan tema-tema sosial dan lingkungan dalam laporan tahunan perusahaan berpengaruh signifikan terhadap reaksi investor, di mana investor di Indonesia sudah mulai menggunakan informasi sosial dan lingkungan dalam membuat keputusan investasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis apakah ada efek positif dari pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kinerja perusahaan yang diproksi dengan return saham dan earning response coefficient. Populasi yang menjadi objek penelitian ini adalah laporan tahunan yang perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2010-2012. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling. Teknik menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian bahwa CSR dapat menjadi efek positif yang signifikan terhadap return saham dan Earning Response Coefficient.