Daftar Isi:
  • Praktikum merupakan mata kuliah yang terstruktur dan terjadwal yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melatih keterampilan dan mendapatkan kesempatan dalam pelaksanaan langsung menggunakan alat yang tersedia. Penelitian ini merupakan studi kasus dari pelaksanaan praktikum daring yang dilaksanakan di Universitas Katolik Widya Mandala khususnya di Fakultas Teknik pada periode pembelajaran 2020-2021 dengan subjek penelitian mahasiswa program studi Teknik Industri angkatan 2018-2019, Teknik Elektro angkatan 2020, dan Teknik Kimia angkatan 2020. Parameter yang digunakan untuk menilai pelaksanaan kelas praktikum adalah keterampilan proses sains dan metode yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang memengaruhi pelaksanaan kelas praktikum daring dalam penguasaan keterampilan proses sains adalah peran dosen pengampu mata kuliah praktikum dan peran media praktikum daring yang digunakan memengaruhi tingkat penguasaan keterampilan proses sains pada kelas praktikum daring. Hasil dari penilaian mahasiswa terhadap keterampilan proses sains menunjukan bahwa pada setiap jurusan memiliki faktor yang beda-beda terhadap pelaksanaan kelas praktikum daring dalam penguasaan keterampilan proses sains karena metode dan proses praktikum yang berbeda-beda.