Pengembangan lembar kerja peserta didik model problem based learning pokok bahasan momentum dan impuls dengan bantuan ophysics untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Seminari St. Yohanes Berkhmans TodaBelu Mataloko
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan bantuan Ophysics. Model yang digunakan adalah ADDIE (Analysis–Design Development-Implement-Evaluation). Penelitian ini juga mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Rencana Evaluasi (RE). Perangkat pengembangan LKPD, RPP, dan RE diuji validitas terlebih dahulu oleh ahli. Penelitian dilakukan di SMA Seminari ST. Yohanes Berkhmans TodaBelu Mataloko dengan subyek penelitian peserta didik kelas X MIPA yang berjumlah 33 orang. Hasil validasi LKPD memperoleh skor sebesar 3,36 di valid, RPP memperoleh skor sebesar 3,26 dengan kategori valid dan RE memperoleh skor sebesar 3,41 dengan kategori sangat valid. Hasil keterlaksanaan RPP selama proses pembelajaran memperoleh skor sebesar 3,81 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan N-Gain score sebesar 0,78 dengan kategori tinggi dan respon peserta didik sebesar 3,06 dengan kategori baik . Dengan demikian dapat disimpulkan lembar kerja peserta didik yang dikembangkan pada pokok bahasan momentum dan impuls menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Seminari Santo Yohanes Berkhmans TodaBelu Mataloko.