Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Takeran
Daftar Isi:
- Kepuasan pasien adalah ukuran yang digunakan untuk menilai perasaan pasien setelah membandingkan pelayanan kefarmasian dengan apotek berdasarkan harapan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Takeran. Jenis Penelitian ini termasuk penelitian observasi menggunakan cross sectional yaitu jenis studi yang mengutamakan pada pengukuran waktu atau pengamatan data pada waktu dan titik tertentu dalam variabel dependen dan variabel independen. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan sejumlah 240 pasien rawat jalan di Puskesmas Takeran yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian mengenai tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan di Puskesmas Takeran menunjukkan bahwa pada dimensi kehandalan 89%, ketanggapan 91%, empati 92%, bukti langsung 77% dan jaminan 91% dengan perolehan rata-rata persentase kepuasan sebesar 88% atau responden merasa sangat puas dengan pelayanan di Puskesmas Takeran.