Self regulated learning dan prestasi belajar matematika pada siswa smalb/b x
Main Authors: | Feliarosa, Dorothea Diana, Simanjuntak, Ermida |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Psikologi UKWMS
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30880/1/14-Self_regulated_learning_dan_prestasi_.pdf http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30880/5/17-R1%262-Self_regulated_learning_dan_prestasi_.pdf http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30880/2/14-Self_regulated_learning_dan_Hasil%20Cek%20Similarity.pdf http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30880/ http://journal.wima.ac.id/index.php/EXPERIENTIA/about/editorialPolicies#focusAndScope |
Daftar Isi:
- Siswa tunarungu dapat mengalami kesulitan untuk belajar khususnya pada pelajaran Matematika. Prestasi belajar matematika adalah pencapaian yang dapat diamati yang berhubungan dengan proses belajar matematika. Salah satu faktor dari dalam diri siswa yang berpengaruh pada prestasi belajar matematika adalah self regulated learning (SRL). SRL adalah kemampuan peserta didik untuk mengaktifkan dan memfokuskan pikiran, perasan, tindakan serta melakukan perencanaan agar siswa dapat mencapai tujuan belajar yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara SRL dengan prestasi belajar matematika pada siswa tunarungu di SMALB/B X. Subjek penelitian adalah 37 siswa tunarungu di SMALB/B X. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur SRL adalah skala self regulated learning dan prestasi belajar dinilai melalui nilai ulangan harian dan nilai ujian tengah semester. Hasil penelitian menunjukkan r = 0,585 (p<0.05) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara self regulated learning (SRL) dengan prestasi belajar matematika pada siswa di SMALB/B X. Sekolah disarankan untuk dapat merancang program yang dapat engembangkan self regulated learning siswa sehingga prestasi belajar matematika siswa dapat meningkat.