Daftar Isi:
  • Motivasi belajar berhubungan dengan persepsi yang diberikan siswa pada aktivitas belajar yang dilakukannya sehingga persepsi yang positif pada aktivitas belajar akan membuat siswa bersedia untuk mempelajari materi belajamya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh pelatihan "Motivasi Sang Juara" terhadap motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kelas X. Modul penelitian disusun berdasarkan teori motivasi belajar dan manajemen waktu untuk membangun persepsi positif siswa pada aktivitas belajar serta meningkatkan kemampuan siswa dalam mengatur waktu belajar. Jumlah peserta pelatihan ada 23 orang siswa SMK kelas X jurusan Otomotif yang mengikuti keseluruhan sesi pelatihan. Data penelitian dianalisa dengan menggunakan wilcoxon signed rank test yang menunjukkan nilai aspek pengetahuan siswa pada materi pelatihan sebesar Z = -3.961 (p<0.000), aspek afektif dan sikap siswa pada belajar, nilai Z = -2.797 (p<0.000) sedangkan pada aspek perilaku belajar siswa (behaviour) dengan nilai Z = -4.267. Pada aspek pengetahuan mean pretest sebesar 4.26 dan meningkat menjadi 8.57 pada saat posttest. Pada aspek afektif atau sikap belajar mean pretest sebesar 72.35 sedangkan pada saat posttest menjadi 75.22. Aspek perilaku menunjukkan mean pretest sebesar 1.22 dan meningkat menjadi 4.26. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pelatihan motivasi "Motivasi Sang Juara" terhadap motivasi belajar siswa SMK kelas X jurusan Otomotif. Sekolah tempat pelatihan ini dilaksanakan disarankan untuk dapat menindaklanjuti hasil penelitian dengan memberikan pelatihan motivasi ini pada para siswa di kelas lain sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah tersebut.