Pengaruh alat permainan edukatif papan geometri terhadap kemampuan berpikir logis anak usia 4-5 tahun di TKK Taman Rini Surabaya
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan pada anak usia 4-5 tahun di TKK Taman Rini Surabaya terkait kemampuan berpikir logis. Permasalahan ini terlihat saat anak kurang mampu mengklasifikasikan, mengelompokkan dan mengurutkan benda berdasarkan bentuk, ukuran dan warna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat permainan edukatif papan geometri terhadap kemampuan berpikir logis anak usia 4-5 tahun di TKK Taman Rini Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan jenis pre-eksperimental dengan one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ini berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun sampel penelitian ini adalah 11 anak usia 4-5 tahun di TKK Taman Rini Surabaya dengan teknik pengambilan sampel berupa Sampling Purposive. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan perhitungan statistick IMB SPSS 22 menggunakkan uji N-Gain dan Uji Paired T berpasangan. Analisis data yang dilakukan memperoleh hasil Uji N-gain Score nilai minimal sebesar 63,44%, nilai maksimum sebesar 87,23%, dan nilai rata-rata diperoleh sebesar 78,14%. Dapat disimpulkan bahwa alat permainan edukatif papan geometri efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia 4-5 tahun di TKK Taman Rini Surabaya.