Pengaruh penggunaan media spinning wheel terhadap pengenalan huruf konsonan untuk anak usia 4-5 tahun di TK Santa Clara Surabaya
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan spinning wheel terhadap pengenalan huruf konsonan untuk anak usia 4-5 tahun di TK Santa Clara Surabaya. Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya permasalahan di lembaga tersebut yaitu terdapat 15 orang anak belum mampu mengenal huruf konsonan dikarenakan penggunaan media yang monoton yaitu penggunaan flashcard. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh yakni jumlah populasi sama dengan jumlah sampel, sehingga sampel dalam penelitian ini yaitu 15 anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan model penelitian one group pretest and posttest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yakni tes, observasi dan dokumentasi. Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan data statistik atau SPSS 26.0 dengan nilai rata-rata yang diperoleh saat pretest yaitu 6,00 sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh saat posttest yaitu 9,86. Berdasarkan data yang diperloleh melalui data statistik untuk menentukan penolakan H0 maka dapat ditentukan dengan melihat kriteria penolakan dan penerimaan hipotesis yaitu jika sig < 0,05 maka H0 ditolak sedangkan jika sig > 0,05 maka H0 diterima dari hasil penelitian menunjukan H0 ditolak karena jumlah sig < 0,05, maka terdapat pengaruh media spinning wheel terhadap pengenalan huruf konsonan anak usia 4-5 tahun di TK Santa Clara Surabaya.