Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan academic burnout pada siswa/siswi SMA SS Surabaya
Daftar Isi:
- Hilarius Setiawa (2022 “Hubungan Dukungan Sosial dengan Academic Burnout pada siswa/siswi SMA SS Surabaya”. Skripsi Sarjana Strata I. Fakultas Psikologi, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. ABSTRAK Pendidikan merupakan tahapan yang dialami hampir sebagian besar umat manusia. Pada proses belajar mengajar yang dilalui seorang individu, seharusnya bertujuan untuk mengembangkan potensi dan pertumbuhan dalam diri individu. Seorang pelajar tidak lepas dari permasalahan yang menghambat dirinya, mengembangkan potensi. Kelelahan diakibatkan beban tugas yang melebihi kemampuan dan pengumpulan yang memiliki waktu yang kurang cukup bagi pelajar, membuat sebuah fenomena academic burnout dapat terjadi. Kondisi ini tergambarkan oleh pelajar SMA SS Surabaya. Siswa/siswi merasa beban tugas yang diberikan cukup banyak sehingga memunculkan perilaku seperti menurunnya motivasi, kurang percaya dirinya individu terhadap apa yang dikerjakan, dan merasa lelah secara fisik maupun psikis membuat performa dalam akademik individu menjadi menurun. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan hal ini adalah dukungan sosial dan teman sebaya sebagai komunitas. Penelitian dilakukan untuk menguji apakah ada hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan academic burnout pada siswa/siswi SMA SS Surabaya. Subjek dalam penelitian ini adalah 106 siswa/siswi SMA SS Surabaya. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala academic burnout dan dukungan sosial teman sebaya. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi kendall’s-Tau-b. Hasil yang ditemukan menunjukan adanya sebuah korelasi yang signifikan antara variabel dukungan sosial teman sebaya dengan academic burnout, dimana nilai koefisiensi korelasi sebesar -0,257 dengan p 0,000 ( p≤0,05) hal ini menunjukan semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya yang diberikan maka semakin rendah academic burnout yang dirasakan para siswa/siswi SMA SS Surabaya. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini bagi pelajar SMA SS Surabaya, ialah untuk lebih mempertimbangkan faktor dukungan sosial dalam menghadapi academic burnout. Kata kunci : SMA, Academic burnout, Dukungan Sosial Teman Sebaya.