Daftar Isi:
  • Video musik menjadi salah satu alat presentasi baik dari pengalaman maupun kehidupan nyata. Gaya hidup (lifestyle) membantu mendefinisikan mengenai sikap, nilai-nilai, kekayaan, serta posisi sosial seseorang, dalam gaya hidup ada beberapa kategori, satu diantaranya adalah perilaku kosumtif. Konsumtif adalah pandangan tentang kesenangan dalam mengkonsumsi secara berlebihan dan cenderung boros. Peneliti akan terfokus pada bagaimana representasi perilaku konsumtif dalam video musik #MurahBanget – IndraKenz ft. YoungLex. Konsumtif adalah pola hidup yang mengarahkan aktivitasnya hanya untuk mengkonsumsi barang dan aktivitas tersebut berupa pemborosan, mengenakan berbagai macam barang mewah dengan harga sangat tinggi dan senang membeli barang yang kurang diperlukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan analisis semiotika John Fiske yang terdiri dari 3 level: level realitas, level representasi dan level ideologi. Hasil dari penelitian ini, video musik #MurahBanget merepresentasikan perilaku konsumtif melalui sikap dan penampilan yang dijadikan sebagai gaya hidup, terlihat dari pakaian yang ditunjukkan sebagai alat indikator dalam berperilaku konsumtif, aksesoris bermerk dengan harga mahal yang dikenakan serta properti mewah dalam video musik seperti mobil mewah dan uang dollar serta sikap konsumtif dimana tokoh kurang menghargai barang.