Analisis isi online engagement di media sosial youtube pada channel @koreareomit
Daftar Isi:
- Penelitian ini melihat bagaimana isi dari online engagement yang diperoleh Youtube channel Korea Reomit. Online engagement ini memiliki 2 indikator besar, yaitu like dan comment. Comment sendiri merupakan feedback langsung dari penonton, dan memiliki 2 kategori yaitu konfirmasi dan dikonfirmasi. Kedua kategori tersebut memiliki masing-masing jenis. Konfirmasi memiliki 5 jenis, yaitu direct acknowledgemen, positive feeling, clarifiying response, agreeing response, dan supportif response. Kemudian diskonfirmasi memiliki 7 jenis, yakni tangentian response, impersonal response, impervious response,, irrelevant response, interrupting response, incoherent response, serta incongruous response. Penelitian ini berfokus pada fenomena yang terjadi dimana saat ini semakin banyak orang menetapkan media sosial seperti Youtube menjadi tempat mereka bekerja dan memperoleh penghasilan. Fenomena ini diangkat karena perolehan penghasilan dari Youtube cukup unik dan dipengaruhi oleh online engagement sebagai salah satu patokan penting untuk memperoleh popularitas dan penghasilan yang tinggi. Objek penelitian ini adalah analisis isi online engagement. Subjek yang digunakan adalah media sosial Youtube pada channel @Koreareomit. Metode yang digunakan adalah analisis isi untuk mengetahui secara detail isi dari setiap online engagement yang diperoleh., dengan pendekatan kuantitatif, serta jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini berfokus pada perolehan online engagement berupa peningkatan jumlah like dan macam-macam indikator pada komentar yang muncul dari channel Youtube Korea Reomit. Hasil yang diperoleh adalah like yang sering muncul dari ketiga tema konten paling banyak pada tingkatan pertama dengan rentang 1 hingga 70.000 likes. Kemudian komentar yang muncul cenderung kearah positive feedback yaitu Positive Feeling dan Supportif Response dibandingkan negative feedback.