Daftar Isi:
  • Pandemi Covid-19 lalu memberikan dampak cukup besar pada masyarakat salah satunya perubahan pada kegiatan pembelajaran siswa. Peralihan metode pembelajaran yang dialami oleh remaja menyebabkan peningkatan dalam penggunaan smartphone. Penggunaan smartphone dapat berdampak pada konsentrasi belajar siswa, dan penurunan tingkat prestasi akademik yang cukup signifikan (Manumpil et al, 2015). Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat kecenderungan smartphone addiction pada remaja di masa pandemi Covid-19. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 202 remaja berusia 12 sampai 18 tahun di Kota Surabaya sebagai pengguna smartphone aktif. Pengambilan data dilakukan secara online menggunakan skala adaptasi dari Smartphone Addiction Scale (SAS) milik Kwon (2013). Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa secara keseluruhan tingkat kecenderungan smartphone addiction pada remaja di masa pandemi Covid-19 tinggi. Hasil penelitian ini disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang menyebabkan terjadinya peralihan sistem pembelajaran disekolah, sehingga penggunaan smartphone mengalami peningkatan. Penelitian ini juga menemukan bahwa remaja perempuan paling banyak menggunakan smartphone dibandingkan remaja laki-laki selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa remaja pertengahan (middle adolescence) merupakan pengguna smartphone tertinggi dengan prosentase sebesar 56%. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengaitkan dengan menggunakan hasil uji validitas item dan, melanjutkan penelitian ini secara offline setelah pandemi Covid-19 berakhir.