Prestasi belajar dan intensitas komunikasi yang efektif antara siswa dengan orangtua pada siswa tunarungu
Main Author: | Fulbertus, Jennet Carmelia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/2925/1/Abstrak.pdf http://repository.wima.ac.id/2925/2/BAB%201.pdf http://repository.wima.ac.id/2925/3/BAB%202.pdf http://repository.wima.ac.id/2925/4/BAB%203.pdf http://repository.wima.ac.id/2925/5/BAB%204.pdf http://repository.wima.ac.id/2925/6/BAB%205.pdf http://repository.wima.ac.id/2925/7/LAMPIRAN.pdf http://repository.wima.ac.id/2925/ |
Daftar Isi:
- Siswa tunarungu ialah seorang individu yang mengalami kurang bahkan tidak dapat mendengar sama sekali yang menyebabkan ia tidak dapat menangkap berbagai rangsangan melalui indera pendengarannya dan dapat menghambat perkembangan bahasanya. Keterbatasan dan hambatan komunikasi yang mereka miliki secara tidak langsung ikut mempengaruhi prestasi belajarnya di sekolah. Prestasi belajar merupakan suatu hasil yang diperoleh seseorang setelah melaksanakan aktifitas pendidikan dalam jangka waktu tertentu dan yang tercatat dalam buku rapor siswa. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya prestasi belajar, ada yang berasal dari dalam maupun dari luar diri siswa. Salah satunya adalah dari lingkungan keluarga menyangkut intensitas komunikasi. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara prestasi belajar dan intensitas komunikasi yang efektif antara siswa dengan orangtua pada siswa tunarungu. Subjek penelitian (N=56) adalah siswa-siswi SMPLB Karya Mulia Surabaya yang berusia 13-21 tahun. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara total population study, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan skala psikologik. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik korelasi non parametrik Kendall’s tau b. Hasil analisis mendapatkan koefisien korelasi sebesar -0,012 dengan nilai p sebesar 0,898 (p > 0,05) yang berarti tidak ada hubungan yang signifikan antara intensitas komunikasi yang efektif antara siswa dan orangtua dengan prestasi belajar pada siswa tunarungu. Secara deskriptif diperoleh hasil untuk intensitas komunikasi subjek berada pada kategori sedang (33,9%) dan prestasi belajar berada pada kategori sedang (33,9%).