Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang tingkat kemandirian pemilihan karir siswa dan untuk mengetahui pengaruh pola asuh demokratis teradap kemandirian pemilihan karir siswa. Populasi penelitian adalah siswa SMAK St.Bonaventura Madiun kelas X IPA dan XI IPS tahun 2021/2022 yang berjumlah 85 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampling Jenuh. Data diperoleh dengan menggunakan metode angket berbentuk skala yaitu Pola Asuh Demokratis dan Kemandirian Pemilihan Karir Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase dan regresi linier sederhana. Hasil analisis : 1) gambaran tingkat kemandirian pemilihan karir siswa adalah 69 siswa atau 81 % termasuk dalam kategori tinggi dan 16 siswa atau 19 % termasuk dalam kategori sedang; pola asuh demokratis berpengaruh terhadap kemandirian pemilihan karir siswa sebesar 32.1 %. Kesimpulan : 1) tingkat kemandirian pemilihan karir siswa berada pada kategori tinggi; 2) Pola Asuh Demokratis terbukti berpengaruh signifikan terhadap Kemandirian Pemilihan Karir.