Daftar Isi:
  • Dalam dunia kerja, disetiap perusahan dibutuhkan seseorang di posisi customer relation. Peran customer relation pada Kantor Pertanahan Kota Surabaya II adalah sebagai jembatan atau salah satu sarana komunikasi antarpribadi yang menghubungkan pemohon dengan Kantor Pertanahan Kota Surabaya II. Customer relation adalah orang yang diperuntukkan atau dituju untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan secara memuaskan. Pelayanan yang diberikan termasuk menerima keluhan / masalah yang sedang dihadapi. Menjadi seorang customer relation harus menggunakan teori Customer Relation Management (CRM) yang merupakan sistem informasi terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengontrol kegiatan pra-penjualan dan pasca-penjualan dalam suatu organisasi. CRM mencakup semua aspek berurusan dengan prospek dan pelanggan, termasuk call center, tenaga penjualan, pemasaran dukungan teknis dan layanan lapangan. Hal itu dilakukan agar pemohon merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, sehingga dapat terjadinya suatu pencapaian.