Hubungan dukungan sosial terhadap kemampuan sosial pada anak dengan disabilitas intelektual (DI) di Galuh Handayani Surabaya
Daftar Isi:
- Disabilitas intelektual adalah kondisi suatu individu yang memiliki hambatan dalam kognitif dan adaptif, sehingga interaksi yang positif seperti pemberian dukungan diperlukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dan kemampuan sosialisasi pada anak dengan disabilitas intelektual di Galuh Handayani. Desain penelitian ini adalah cross sectional. Variabel independen dari penelitian ini adalah dukungan sosial, sedangkan variabel dependen adalah kemampuan sosial. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling mendapatkan sampel sebanyak 15 orangtua yang memiliki kriteria meliputi bersedia menjadi responden orangtua/ saudara dapat membaca dan menulis untuk keperluan pengisian kuisioner. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner dukungan sosial yang memiliki 15 pernyataan dan kuisioner kemampuan sosial yang memiliki 18 pernyataan yang telah tervalidasi dengan baik dan layak. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji non parametrik yaitu Spearman Test yang didapatkan hasil Correlation Coefficient (koefisien korelasi) sebesar 0.547 dengan P Value adalah 0,035, yang berarti memiliki hubungan yang kuat dan signifikan antara dukungan sosial terhadap kemampuan sosialisasi pada anak disabilitas intelektual di Galuh Handayani Surabaya. Peran pengasuh dan tanggung jawab dalam merawat anak dengan disabilitas intelektual sangatlah mempengaruhi dukungan yang diberikan, maksimalnya dukungan yang diberikan dalam proses perawatan akan mengembangkan kemampuan sosial suatu individu.