Pengembangan lembar kerja peserta didik menggunakan model problem based learning berbantuan PhET pada pokok bahasan elastisitas dan hukum hooke untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA HANG TUAH 4 Surabaya

Main Author: Suryati, Elfrida
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28809/13/ABSTRAK.pdf
http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28809/2/BAB%20I.pdf
http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28809/3/BAB%20II.pdf
http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28809/4/BAB%20III.pdf
http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28809/14/BAB%20IV.pdf
http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28809/15/BAB%20V.pdf
http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28809/6/LAMPIRAN.pdf
http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28809/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan PhET untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Ada pun Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implement-Evaluation). Pada penelitian ini, penulis juga mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Rencana Evaluasi (RE). Perangkat pengembangan yaitu LKPD,RPP dan RE akan divalidasi oleh ahli sebelum diuji cobakan. Pengujian dilakukan di SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Pembelajaran yang dilakukan di SMA Hang Tuah 4 Surabaya mengikuti kebijakan dalam rangka mematuhi protokol kesehatan dalam masa pandemik. Peserta didik dibagi kedalam dua kelompok, sebagian mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah dan sebagian mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dari rumah. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan RPP, LKPD, dan RE berkategori sangat valid dengan skor masing-masing yaitu RPP sebesar 3.50, LKPD sebesar 3.46, dan RE sebesar 3.63 (skor maksimal: 4.00). Hasil keterlaksanaan RPP menunjukan bahwa proses pembelajaran dilaksanakan dengan baik. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain Score 0,62 dengan kategori “Sedang” dan respon peserta didik adalah 3.26 dengan kategori “Baik”. Dengan demikian, dapat di simpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan penulis pada pokok bahasan Elastisitas dan Hukum Hooke dengan menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Hang Tuah 4 Surabaya.