Pengembangan lembar kerja peserta didik model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan tracker pada pokok bahasan gerak parabola untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Santo Carolus Surabaya

Main Author: Jurdan, Michael
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28601/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28601/2/BAB%201.pdf
http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28601/3/BAB%202.pdf
http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28601/4/BAB%203.pdf
http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28601/5/BAB%204.pdf
http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28601/6/BAB%205.pdf
http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28601/15/LAMPIRAN.pdf
http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/28601/
Daftar Isi:
  • Penelitian Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik model inkuiri terbimbing berbantuan tracker dengan pokok bahasan gerak parabola telah dilaksanakan oleh peneliti, dan telah dihasilkan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Rencana Evaluasi (RE). Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE dan metode penelitian Research & Development yang telah divalidasi oleh dua orang validator, dan telah diuji cobakan kepada 33 peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Santo Carolus Surabaya. Hasil dari validasi pada RPP mendapatkan skor 3,594 dengan kategori sangat valid, LKPD mendapatkan skor 3,233 dengan kategori valid, dan RE mendapatkan skor 3,375 dengan kategori valid. Perangkat pembelajaran yang diuji cobakan ke peserta didik mendapatkan hasil rata-rata keterlaksanaan RPP dengan skor 0,992 dengan kategori sangat baik. Perangkat pembelajaran yang diujikan juga membantu peserta didik dalam peningkatan hasil belajar yang dibuktikan dengan peningkatan rata-rata N-Gain Score sebesar 0,545 dengan kategori sedang. Respon dari peserta didik menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat menarik dan membantu peserta didik dalam proses pembelajaran yang dibuktikan dengan perolehan skor rata-rata sebesar 3,495. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran, dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Santo Carolus Surabaya.