Strategi marketing public relations WB creator dalam meningkatkan brand credibility pasca krisis
Daftar Isi:
- Kelalaian WB Creator terhadap public internal mengakibatkan perusahaan berhenti beroperasi sepanjang 2020 karena adanya krisis public relations yang disebabkan oleh hubungan yang buruk antara perusahaan dengan semua karyawan. Krisis yang dihadapi WB Creator menyebabkan terjadinya penurunan omset serta jumlah klien dikarenakan sebagai event organizer dengan rate premium price kurang memberikan pelayanan yang sebanding dengan harganya. Semakin tinggi tingkat persaingan di dunia event organizer membuat WB Creator juga semakin tersingkir karena kehilangan brand credibility. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi marketing public relations yang digunakan WB Creator dalam upaya meningkatkan brand credibility pasca krisis. Menggunakan pendekatan kualitatif berjenis deskriptif, peneliti memilih studi kasus sebagai metode penelitian supaya dapat menjelaskan fenomena yang sesungguhnya terjadi di lapangan. Berkaitan dengan sebuah perusahaan sebagai subjek penelitian maka teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara berjenis depth interview serta didukung oleh observasi partisipan yang dimana peneliti ikut serta dalam kegiatan yang dilakukan oleh WB Creator secara langsung. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa WB Creator berhasil melewati tahap acute crisis dan masuk pada tahap clean up sehingga mengeluarkan segala upaya untuk mengembalikan brand credibility yang berkaitan erat dengan citra perusahaan. Upaya dilakukan dengan menyusun strategi marketing public relations yaitu teknik public relations yang sekaligus dapat menunjang marketing dengan memperluas positioning, menyempurnakan promosi penjualan, serta memantapkan citra yang positif bagi produk dan perusahaan.