Laporan kerja praktik pelaksanaan peran dan fungsi humas pemerintah kota Surabaya dalam penanganan pandemi Covid-19 di Surabaya
Main Author: | Puspasari, Melina |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Faculty of Communication Science
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27851/13/ABSTRAK.pdf http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27851/2/BAB%201.pdf http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27851/3/BAB%202.pdf http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27851/4/BAB%203.pdf http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27851/5/BAB%204.pdf http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27851/6/LAMPIRAN.pdf http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27851/ |
Daftar Isi:
- Penanganan pandemi covid-19 di Indonesia telah dilakukan secara terus menerus, baik oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, termasuk Pemerintah Kota Surabaya sejak awal tahun 2020. Agar bisa maksimal, Pemkot Surabaya melibatkan seluruh dinas dan bagian yang ada dalam sistem pemerintahannya, termasuk Hubungan Masyarakat (Humas). Melalui peran dan fungsi yang dimiliki, humas membantu pemkot dalam proses penanganan pandemi covid-19. Empat peran humas yang akan dilihat adalah: sebagai (1) Penasihat Ahli, (2) Fasilitator Komunikasi, (3) Fasilitator Proses Pemecahan Masalah, dan (4) Teknisi Komunikasi. Selain itu juga fungsi humas dalam: (1) Menjadi mediator menyampaikan komunikasi kepada pimpinan organisasi dan publik, (2) Mendukung kegiatan-kegiatan organisasi berkaitan dengan publikasi, dan (3) Menciptakan citra positif organisasi. Hasil yang ditemukan setelah mengikuti secara langsung kegitan humas Pemkot Surabaya selama dua bulan, adalah bahwa humas pemkot sudah melaksanakan semua peran dan fungsi dalam penanganan pandemi covid-19 di Kota Surabaya. Namun, humas Pemkot Surabaya dominan melaksanakan perannya sebagai fasilitator komunikasi dan fungsinya dalam mendukung kegiatan-kegiatan Pemkot berkaitan dengan kegiatan publikasi.