Organizational Citizenship Behavior Tenaga Penjual: Peran Kepuasan Kerja, Dukungan Rekan Kerja, Dan Leader-Member Exchange
Main Authors: | Wulani, Fenika, Junaedi, Marliana |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UNAIR Surabaya
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27050/1/5-Organizational_citizenship_.pdf http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27050/5/5-R1%262-Organizational_citizenship_.pdf http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27050/3/5-Organizational_citizenship_Hasil%20cek%20similarity.pdf http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/27050/ https://e-journal.unair.ac.id/JMTT/about/editorialPolicies#focusAndScope |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Leader-Member Exchange (LMX) dan dukungan rekan kerja pada Organizational Citizenship Behaviour (OCB) yang diarahkan ke rekan kerja, serta peran mediasi kepuasan kerja pada hubungan-hubungan tersebut. Responden dalam penelitian ini adalah 156 karyawan yang bekerja sebagai tenaga penjual (salesperson) di berbagai industri di Surabaya. Hasil pengujian dengan menggunakan PLS-SEM menunjukkan bahwa LMX berpengaruh signifikan pada OCB yang diarahkan ke rekan kerja, namun dukungan rekan kerja tidak signifikan berpengaruh pada OCB yang diarahkan ke rekan kerja. LMX dan dukungan rekan kerja berpengaruh pada kepuasan kerja, dan kepuasan kerja berpengaruh pada OCB yang diarahkan ke rekan kerja. Kepuasan kerja memediasi pengaruh LMX dan dukungan rekan kerja pada OCB yang diarahkan ke rekan kerja. Berdasarkan hasil penelitian ini, perusahaan perlu meningkatkan kualitas hubungan antara atasan dan bawahan, dan antar rekan kerja, misalnya dengan melakukan aktivitas pelatihan bagi mereka.