Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggambaran romansa kaum lesbian dalam media, khususnya video musik. Fokus dalam penelitian ini adalah penggambaran romansa lesbian dalam video musik Girls Like Girls milik Hayley Kiyoko yang berdurasi 4 menit 59 detik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif serta metode semiotika milik Charles Sanders Peirce. Semiotika Peirce mengkategorikan teori triangle meaning yang berisi dari tanda, objek, dan interpretan. Peneliti melakukan analisi terhadap pemilihan verbal berbentuk lirik lagu dan non-verbal berbentuk gambar yang ada kaitannya dengan romansa lesbian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa video musik Girls Like Girls mengandung gambaran romansa lesbian yang positif. Analisis dalam video musik ini terbagi menjadi dua sub bab yaitu romansa lesbian dan penampilan fisik lesbian. Penggambaran lesbian di media selalu identik dengan perilaku dan penampilan yang negatif, namun Girls Like Girls mampu mewujudkan penggambaran romansa dan keintiman, mulai dari sentuhan fisik nonsensual, ciuman romantis, tatapan mata romantis, kedekatan yang intim, serta identifikasi identitas seksual. Hal tersebut pastinya berlawanan dengan apa yang digambarkan oleh media mengenai gambaran romansa lesbian yang vulgar dan erotis sehingga terciptanya stereotip lesbian yang negatif. Oleh karena itu, Girls Like Girls milik Hayley Kiyoko ini mampu menentang struktur heteronormatif yang berada di media.