Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggambaran sifat maskulin dalam iklan Free Fire x Money Heist “Joe Taslim Anggota Money Heist” yang dapat dilihat dari para pemain iklan. Sifat maskulin biasanya hanya dimiliki oleh laki-laki. Media sering kali menggambarkan perempuan sebagai kaum yang lemah dan tidak berdaya, namun dalam iklan Free Fire x Money Heist “Joe Taslim Anggota Money Heist” ini perempuan di gambarkan berbeda. Seperti perempuan melakukan aksi perampokan pada Bank, menggunakan senjata api, bahkan melawan apparat kepolisian. Biasanya peran-peran seperti itu para pengiklan menggunakan aktor laki-laki untuk memerankan adegan tersebut tetapi di iklan Free Fire x Money Heist “Joe Taslim Anggota Money Heist” ini perempuan yang memerankan adegan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sifat maskulin juga bisa dimiliki oleh perempuan. Seperti memiliki sifat pemberani dalam iklan ini perempuan melakukan aksi tindak kriminal seperti melakukan perampokan Bank aksi tersebut adalah salah satu aksi yang berani karna aksi ini memiliki tingkat resiko yang tinggi apa lagi perempuan yang melakukan, Perempuan juga di gambarkan memiliki kesetaraan dengan laki-laki dalam iklan Free Fire x Money Heist “Joe Taslim Anggota Money Heist” terlihat kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dari salah satu cara mereka menggunakan pakaian yang sama dan dalam iklan ini menunjukan bahwa peremuan juga memiliki sifat yang mandiri. Namun dalam iklan Free Fire x Money Heist “Joe Taslim Anggota Money Heist” ada sifat paradok, meskipun kebanyakan pereempuan yang menunjukan aksinya tetap saja laki-laki yang menjadi pemimpin. Peneliti menggunakan metode analisis semiotik milik Charles Sander Peirce dengan cara Triangle of Meaning yang dimana hasilnya akan diketahui bahwa maskulinitas pada iklan Free Fire x Money Heist “Joe Taslim Anggota Money Heist”.