Analisis pengaruh retailing image terhadap tingkat kepuasan pelanggan pada Hypermart Surabaya
ctrlnum |
2655 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.wima.ac.id/2655/</relation><title>Analisis pengaruh retailing image terhadap tingkat kepuasan pelanggan pada Hypermart Surabaya</title><creator>Yanto, Welli</creator><subject>Business</subject><subject>Strategic Management</subject><description>Bisnis ritel di Indonesia terus berkembang dari tahun ke tahun. Persaingan
dalam bisnis ini menjadi semakin ketat dengan masuknya beberapa peritel asing,
sehingga konsumen memiliki lebih banyak alternatif pilihan toko ritel. Toko ritel
yang memiliki image atau citra baik di mata konsumen akan dapat bertahan dalam
persaingan, sebaliknya toko ritel yang memiliki citra kurang baik akan sulit untuk
bertahan.
Terdapat lima variabel utama yang menentukan baik buruknya citra toko
ritel (retailing image) di mata konsumen, yaitu store location (Iokasi toko),
merchandise (barang dagangan), price (harga), customer service (Iayanan
pelanggan), dan physical facilities (fasilitas fisik). Penelitian ini bertujuan untuk
menentukan variabel pembentuk citra toko riteI yang berpengaruh dominan
terhadap kepuasan pelanggan toko ritel Hypermart di Surabaya dan menetapkan
strategi retailing image yang sesuai untuk toko tersebut.
Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang
diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada pelanggan toko riteI Hypermart di
Surabaya. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis regresi linier.
Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan kelima variabel
retailing image memiliki pengaruh signifikan sebesar 89% terhadap kepuasan
pelanggan. Sedangkan secara parsial terbukti bahwa variabel price (harga) adalah
yang berpengaruh dominan (sebesar 24%), diikuti oleh variabel customer service,
merchandise, physical facilities, dan store location.
Berdasarkan hasil analisis tingkat kepuasan pelanggan dapat diajukan
strategi retailing image yang sesuai untuk toko Hypermart yaitu meningkatkan
pengetahuan dan kinerja karyawan, serta mempertahankan keramahan/kesopanan
karyawan dan kualitas barang dagangan. Perusahaan disarankan untuk
mengoptimalkan atribut-atribut harga yaitu menjaga kesesuaian harga dengan
kualitas barang, mengusahakan harga barang di bawah harga pasar dan tetap
menawarkan harga paket yang relatifberbeda dengan harga eceran.</description><date>2006</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.wima.ac.id/2655/1/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.wima.ac.id/2655/2/Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.wima.ac.id/2655/3/Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.wima.ac.id/2655/4/Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.wima.ac.id/2655/5/Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.wima.ac.id/2655/6/Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.wima.ac.id/2655/7/Bab%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.wima.ac.id/2655/8/Bab%207.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.wima.ac.id/2655/9/Lampiran.pdf</identifier><identifier> Yanto, Welli (2006) Analisis pengaruh retailing image terhadap tingkat kepuasan pelanggan pada Hypermart Surabaya. Masters thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya. </identifier><recordID>2655</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Yanto, Welli |
title |
Analisis pengaruh retailing image terhadap tingkat kepuasan pelanggan pada Hypermart Surabaya |
publishDate |
2006 |
topic |
Business Strategic Management |
url |
http://repository.wima.ac.id/2655/1/Abstrak.pdf http://repository.wima.ac.id/2655/2/Bab%201.pdf http://repository.wima.ac.id/2655/3/Bab%202.pdf http://repository.wima.ac.id/2655/4/Bab%203.pdf http://repository.wima.ac.id/2655/5/Bab%204.pdf http://repository.wima.ac.id/2655/6/Bab%205.pdf http://repository.wima.ac.id/2655/7/Bab%206.pdf http://repository.wima.ac.id/2655/8/Bab%207.pdf http://repository.wima.ac.id/2655/9/Lampiran.pdf http://repository.wima.ac.id/2655/ |
contents |
Bisnis ritel di Indonesia terus berkembang dari tahun ke tahun. Persaingan
dalam bisnis ini menjadi semakin ketat dengan masuknya beberapa peritel asing,
sehingga konsumen memiliki lebih banyak alternatif pilihan toko ritel. Toko ritel
yang memiliki image atau citra baik di mata konsumen akan dapat bertahan dalam
persaingan, sebaliknya toko ritel yang memiliki citra kurang baik akan sulit untuk
bertahan.
Terdapat lima variabel utama yang menentukan baik buruknya citra toko
ritel (retailing image) di mata konsumen, yaitu store location (Iokasi toko),
merchandise (barang dagangan), price (harga), customer service (Iayanan
pelanggan), dan physical facilities (fasilitas fisik). Penelitian ini bertujuan untuk
menentukan variabel pembentuk citra toko riteI yang berpengaruh dominan
terhadap kepuasan pelanggan toko ritel Hypermart di Surabaya dan menetapkan
strategi retailing image yang sesuai untuk toko tersebut.
Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang
diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada pelanggan toko riteI Hypermart di
Surabaya. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis regresi linier.
Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan kelima variabel
retailing image memiliki pengaruh signifikan sebesar 89% terhadap kepuasan
pelanggan. Sedangkan secara parsial terbukti bahwa variabel price (harga) adalah
yang berpengaruh dominan (sebesar 24%), diikuti oleh variabel customer service,
merchandise, physical facilities, dan store location.
Berdasarkan hasil analisis tingkat kepuasan pelanggan dapat diajukan
strategi retailing image yang sesuai untuk toko Hypermart yaitu meningkatkan
pengetahuan dan kinerja karyawan, serta mempertahankan keramahan/kesopanan
karyawan dan kualitas barang dagangan. Perusahaan disarankan untuk
mengoptimalkan atribut-atribut harga yaitu menjaga kesesuaian harga dengan
kualitas barang, mengusahakan harga barang di bawah harga pasar dan tetap
menawarkan harga paket yang relatifberbeda dengan harga eceran. |
id |
IOS2682.2655 |
institution |
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya |
institution_id |
50 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya |
library_id |
525 |
collection |
Repository Widya Mandala Catholic University Surabaya |
repository_id |
2682 |
subject_area |
Agama Akuntansi Bahasa |
city |
KOTA SURABAYA |
province |
JAWA TIMUR |
repoId |
IOS2682 |
first_indexed |
2016-09-24T06:17:53Z |
last_indexed |
2016-09-24T06:17:53Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765773230787788800 |
score |
17.538404 |