Analisis dan perancangan Prosedur Operasional Standar (POS) siklus pembelian pada UD. MBM
Daftar Isi:
- Objek dalam penelitian ini adalah UD.MBM yang merupakan perusahaan dagang yang bergerak di bidang penjualan aksesoris mobil serta memberikan pelayanan pemasangan aksesoris mobil. Pada siklus pembelian UD.MBM memiliki kendala sehingga menimbulkan permasalahan-permasalahan yang terjadi yaitu dokumen permintaan pembelian tidak berformat, tidak adanya order pembelian dan tidak adanya nota retur pembelian. Permasalahan tersebut mengakibatkan perusahaan mengalami kendala dalam kegiatan operasional perusahaan. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk melakukan perancangan prosedur operasional standar terhadap siklus pembelian dengan menambahkan dokumen terhadap prosedur pembelian sehingga dapat memudahkan pemilik maupun karyawan toko dalam memperoleh informasi yang akurat sehingga dapat meningkatkan pengendalian internal perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan jenis data kualitatif yang telah diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi peneliti dengan bagian administrasi di UD.MBM. Hasil dari penelitian ini adalah desain dokumen form permintaan pembelian, order pembelian dan nota retur pembelian serta merancang prosedur pembelian barang dagang dan retur pembelian yang baru. Hasil dari penelitian tersebut diwujudkan dalam bentuk POS pembelian barang dan POS retur pembelian. Diharapkan UD.MBM dapat memperbaiki dan menggunakan dokumen-dokumen yang telah dirancang oleh peneliti, sehingga perusahaan dapat menjalankan kegiatan operasionalnya dan lebih optimal.