Daftar Isi:
  • CV.TMI merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur pembuatan air mineral kemasan. CV.TMI telah berdiri sejak tahun 2006 sudah menerapkan POS akan tetapi kondisi perusahaan sekarang dengan POS yang diterapkan sudah tidak relevan sehingga perlu dilakukan pembaharuan POS agar bisa dijalankan lebih baik. Permasalahan yang terdapat pada perusahaan yaitu perusahaan tidak memiliki dokumen penawaran harga yang mengakibat pengambilan keputusan yang masih harus dipertimbangkan karena informasi yang disampaikan secara lisan. Permasalahan selanjutnya surat order yang belum memadai sehingga mengakibatkan tidak bisa dilakukannya pencocokkan di bagian gudang barang jadi. Masalah terakhir adalah pada nota penjualan tanda tangan dari perusahaan atau pelanggan mengenai tulisan lainnya di nota penjualan karena tidak adanya tempat untuk tanda tangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif yang memakai data kualitatif dan analisis dimulai dengan job description, prosedur, dokumen, dan aktivitas pengendalian. Hasil dari penelitian ini yaitu membuat dokumen penawaran, menambahkan informasi pelanggan ke dalam surat order, menambah jumlah rangkap surat order, menambahkan tempat untuk tanda tangan perusahaan dan pelanggan. Hasil penelitian ini adalah melaporkan proses perancangan, untuk tahapan implementasi dilakukan oleh perusahaan dan diharapkan perusahaan dapat pelakukan evaluasi secara bertahap terhadap POS yang diterapkan di perusahaan untuk kesesuaian kondisi perusahaan.