Daftar Isi:
  • Perekonomian Indonesia mengalami masa-masa krisis dikarenakan wabah pandemi yang biasa disebut sebagai virus corona / Covid - 19. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sedang tumbuh pesat dan mempengaruhi kehidupan manusia. Dari era pertumbuhan digital tersebut akhirnya tidak jarang banyak startup bisnis yang bermunculan menggunakan media sosial untuk mempromosikan bahkan menjual produk maupun jasanya. Startup merupakan bisnis / unit usaha yang baru dirintis berupa suatu inovasi produk. Sebelum mendirkan start-up diperlukan adanya proses pengambilan keputusan. Proses pengambilan keputusan adalah suatu hasil dari proses menentukan satu tindakan diantara beberapa alternatif yang ada. Tahapan dalam proses pengambilan keputusan adalah investigasi situasi, penentuan alternatif solusi, dan penilaian alternatif. Penelitian ini menggunakan studi kualitatif dan pendekatan fenomenologis. Tujuan atau fokus dalam penelitian ini yaitu ingin melihat bagaimana proses pengambilan keputusan mendirikan start-up dimasa pandemi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa dari tahapan investigasi situasi yaitu mengidentifikasi masalah dengan melihat trend yang ada dan menghadapi tantangan tersebut, tahapan yang kedua yaitu penentuan alternatif solusi dengan memikirkan ide-ide kreatif untuk produknya, dan tahapan yang terakhir adalah penilaian alternatif yaitu melakukan evaluasi dari ide-ide kreatif yang sudah ditentukan.