Hubungan antara stres dengan durasi bermain game online pada remaja di Surabaya
Daftar Isi:
- Game online merupakan sebuah permainan yang menggunakan jaringan internet dimana antar individu dapat berinteraksi dengan individu lain untuk menyelesaikan misi, dan meraih nilai tertinggi di dalam dunia virtual (Young, 2009). Stres merupakan kondisi yang disebabkan oleh interaksi antara individu dengan lingkungannya, kemudian menimbulkan persepsi jarak antara tuntutan-tuntutan yang berasal dari situasi yang bersumber pada sistem biologis, psikologis dan sosial dari individu tersebut (Serafino, 2010). Durasi merupakan lamanya waktu terjadinya suatu peristiwa, dimana seberapa lama individu melakukan suatu peristiwa (Chaplin, 2014). Lama durasi remaja dalam bermain game dapat disebabkan karena memiliki tingkat stres yang lebih tinggi daripada orang lain. Penelitian ini melibatkan 74 responden remaja se-Surabaya. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan skala DASS untuk mengukur stres remaja dan pertanyaan terbuka guna mengukur durasi bermain game online. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara durasi bermain game online dengan stres pada remaja di Surabaya yang berarti terdapat hubungan yang signifikan pada kedua variabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 (sig < 0,05) dengan koefisien korelasi sebesar 0,282. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara stres dengan durasi bermain game online pada remaja di Surabaya.