pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Asesmen Kompetensi Minimum dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pokok bahasan gerak harmonik sederhana untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pokok bahasan gerak harmonik sederhana. LKPD beserta perangkat pembelajaran pendukung berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Rencana Evaluasi (RE) dikembangkan dan diimplementasikan menggunakan metode penelitian Reasearch and Development dan model ADDIE dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Perangkat pembelajaran telah melewati proses validasi oleh dua validator sebelum diuji cobakan kepada peserta didik kelas X MIPA 4 SMA Katolik Santa Agnes Surabaya. Akibat dari adanya pandemi COVID-19 yang tidak memungkinkan peserta didik untuk datang ke sekolah, perangkat pembelajaran diuji cobakan kepada peserta didik secara daring dengan platform Zoom, PhET, Google Classroom, Google Form, Google Drive, Whatsapp, dan Team Picker Wheel. Hasil validitas menunjukkan bahwa LKPD, RPP, dan RE sangat valid dengan skor masing-masing 3,7, 3,71, dan 3,59. RPP yang dikembangkan telah terlaksana dengan sangat baik pada proses pembelajaran dengan skor keterlaksanaan sebesar 3,95. Berdasarkan hasil tes awal dan tes akhir, hasil belajar peserta didik meningkat dengan skor N-Gain sebesar 0,63. Hasil angket respon peserta didik melalui Google Form menunjukkan bahwa peserta didik memberikan respon positif terhadap LKPD, RE, dan proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan penulis layak untuk digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.