Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketercapaian dari dua indikator yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemahaman matematis mahasiswa melalui pembelajaran daring. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik triangulasi data. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi Akuntansi semester satu tahun 2020/2021 yang terdiri dari 22 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, non tes dan studi pustaka. Tes menggunakan soal tentang keseimbangan pasar sebelum dan sesudah pajak dan non tes menggunakan angket berisi pandangan mahasiswa terhadap penyampaian pembelajaran daring. Studi pustaka dilakukan untuk analisis terhadap data yang diperoleh. Indikator yang digunakan untuk mengukur pemahaman matematis mahasiswa adalah kemampuan pemahaman konseptual dan kemampuan pemahaman fungsional. Berdasarkan dari dua indikator tersebut diperoleh hasil perhitungan bahwa prosentase mahasiswa sebesar 59% belum paham didalam menentukan penyelesaian. Berdasarkan dari data tersebut disimpulkan bahwa 59% mahasiswa belum dapat mengoptimalkan kemampuan matematis yang dimiliki didalam menyelesaikan soal yang diberikan. Kondisi demikian membuat kecenderungan mahasiswa untuk mudah menyerah ketika menghadapi kesulitan didalam menentukan penyelesaian. Hasil lain diperoleh prosentase mahasiswa sebesar 41% sudah mampu menyelesaikan namun masih terdapat beberapa langkah penyelesaian yang tidak tepat. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya masih rendahnya pemahaman mahasiswa dalam pengaplikasian matematis.