Kepuasan penonton Surabaya dalam menonton tayangan Mata Najwa di televisi dan youtube
Daftar Isi:
- Mata Najwa adalah talkshow yang dipandu oleh Najwa Shihab yang memiliki banyak respon positif dari penonton di televisi dan di media sosial yaitu youtube. Tayangan Mata Najwa merupakan Informative News adalah Mata Najwa adalah salah satu program dengan format Talkshow Infotainment Education dengan bintang tamu para pejabat tinggi, artis atau publik figure yang menarik untuk ditampilkan. Penggunaan Teori Uses and Gratification merupakan salah satu model pemilihan media yang dapat berperan aktif dimana pengguna media dapat memilih serta menggunakan media tersebut. Hal ini berarti bahwa pemakai media dapat lebih aktif dapat memilih media yang paling baik untuk memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kepuasan penonton Surabaya dalam menonton tayangan Mata Najwa di televisi dan youtube. Peneliti menggunakan indikator kepuasan televisi dan youtube dari Conway dan Rubin, yaitu pass time, enterainment, information, escape, relaxation, & Status- Enhancement. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan kuisioner yang disebarkan secara online sebagai alat untuk mengumpulkan data yang disebarkan kepada 100 responden di Surabaya yang menonton tayangan Mata Najwa pada dua media yang berbeda yaitu di televisi dan youtube. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil tentang kepuasan yang dicari dan kepuasan yang diperoleh tertinggi dari penonton Surabaya dalam menonton tayangan Mata Najwa di televisi adalah kepuasan tempat pelarian. Sedangkan kepuasan yang dicari dan kepuasan yang diperoleh tertinggi dalam menonton tayangan Mata Najwa di youtube adalah kepuasan relaksasi.