Pengaruh terpaan tayangan iklan exclusive Matte Cream - feel the color terhadap tingkat pengetahuan perempuan di Surabaya
Daftar Isi:
- Terpaan tayangan iklan adalah serangan informasi yang disampaikan melalui media massa. Serangan tersebut dapat mempengaruhi khalayak dalam hal membantu dan memberi arahan untuk mengambil sikap dan keputusan. Tanpa adanya informasi maka tidak ada pengetahuan. Wardah merupakan kosmetik yang telah diakui halal namun banyak yang menduga target pasarnya hanya untuk ibu- ibu dan perempuan berhijab. Agar dugaan tersebut jelas Wardah membuat iklan berjudul Exclusive Matte Cream – Feel the Color dengan menggunakan Tatjana Saphira yang masih berusia 17 tahun sebagai brand ambassador. Skripsi ini dibuat untuk meneliti hasil dari penggunaan brand ambassador Tatjana Saphira dalam iklan. Penelitian dilakukan dengan membagi kuisioner pada responden perempuan pada usia 14 – 25 tahun. Kuisioner disebarkan pada wilayah utara, selatan, timur, barat dan tengah di di Surabaya agar dapat mengetahui tingkat pengetahuan dari berbagai wilayah Surabaya dengan rata. Pembagian kuisioner dilakukan secara online melalui google form agar dapat lebih mudah menjangkau responden dengan menggunakan metode survey. Hasilnya ditemukan bahwa iklan tersebut berpengaruh pada tingkat pengetahuan khalayak perempuan. Namun hasil kuisioner juga menyatakan bahwa jarak antara responden dengan iklan adalah rendah karena saat ini iklan sudah tidak tayang di televisi dan bergeser ke media massa.