Prestasi belajar matematika dan motivasi megerjakan tugas matematika pada siswa SMP [CD-ROM]
Main Author: | Nastitie, Niken |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Widya Mandala Catolic University
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/255/1/Abstrak.pdf http://repository.wima.ac.id/255/2/BAB%201.pdf http://repository.wima.ac.id/255/3/BAB%202.pdf http://repository.wima.ac.id/255/4/BAB%203.pdf http://repository.wima.ac.id/255/5/BAB%204.pdf http://repository.wima.ac.id/255/6/BAB%205.pdf http://repository.wima.ac.id/255/ |
Daftar Isi:
- Prestasi belajar digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan siswa dalam mencapai suatu tujuan dalam belajar setelah melalui proses belajar. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar adalah adanya faktor yang berasal dari dalam diri individu yaitu motivasi. Motivasi sangat diperlukan sebagai penentu tingkat keberhasilan pada prestasi belajar. Motivasi yang rendah akan berdampak pada hasil belajar dengan perolehan prestasi belajar yang sangat buruk atau rendah. Sebaliknya motivasi yang tinggi dalam belajar akan berdampak baik pada prestasi belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara motivasi mengerjakan tugas matematika dengan prestasi belajar matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah 194 siswa kelas 2 SMP Subjek diambil dengan tehnik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan Skala Motivasi Mengerjakan Tugas Matematika. Tehnik analisa data yang digunakan adalah korelasi non parametrik Kendall’s tau-b. Hasil analisa menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,207 dengan p = 0,000 (p < 0,05). Dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi mengerjakan tugas matematika dengan prestasi belajar matematika. Sumbangan efektif motivasi mengerjakan tugas matematika terhadap prestasi belajar matematika adalah sebesar 4,28%