Pengaruh pelatihan empati terhadap ABK pada kecenderungan perilaku prososial siswa reguler di sekolah Inklusi Manguni Surabaya

Main Author: Ayu, Febrina M. P. T
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.wima.ac.id/2540/1/Abstrak.pdf
http://repository.wima.ac.id/2540/2/Bab%201.pdf
http://repository.wima.ac.id/2540/3/Bab%202.pdf
http://repository.wima.ac.id/2540/4/Bab%203.pdf
http://repository.wima.ac.id/2540/5/Bab%204.pdf
http://repository.wima.ac.id/2540/6/Bab%205.pdf
http://repository.wima.ac.id/2540/
Daftar Isi:
  • Kecenderungan perilaku prososial adalah suatu tindakan atau perilaku menolong yang menguntungkan bagi orang lain (penerima bantuan) dari kurang baik menjadi lebih baik dalam arti secara material maupun psikologis, bertujuan untuk meningkatkan well being orang lain, namun tidak memberikan keuntungan secara langsung bagi orang (pemberi bantuan) tersebut, dan mungkin bahkan melibatkan suatu resiko bagi orang yang menolong. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku prososial adalah adanya empati. Empati adalah suatu kemampuan secara kognitif dan efektif untuk memahami perasaan dan emosi orang lain serta membayangkan seakan-akan dia berada pada posisi orang lain itu. Kemampuan empati mulai dapat dimiliki seseorang ketika menduduki masa akhir kanak-kanak awal yaitu 6 tahun. Berkaitan dengan hal tersebut, siswa reguler pada tahap masa usia akhir anak menjadi sorotan utama. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah pelatihan empati terhadap ABK efektif untuk meningkatkan kecenderungan perilaku prososial siswa regular terhadap ABK di sekolah inklusi. Penelitian ini menggunakan 15 subjek siswa reguler di Sekolah Inklusi Manguni Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan pengolahan data menggunakan statistic non-parametric. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa pelatihan empati terhadap ABK efektif untuk meningkatkan kecenderungan perilaku prososial siswa regular terhadap ABK di Sekolah Inklusi Manguni Surabaya dengan nilai signifikansinya sebesar 0,0001 ≤ 0,05