Daftar Isi:
  • Tokopedia merupakan perusahaan e-commerce yang telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn berpengaruh di Indonesia. Tokopedia juga merupakan marketplace yang paling banyak dikunjungi dan transaksi terbesar di Indonesia. Dalam perjalanannya Tokopedia telah menciptakan nilai dengan memuaskan pelanggan untuk menciptakan loyalitas para pengguna jasa Tokopedia. Sehingga penelitian ini memiliki tujuan untuk meneliti pengaruh value co-creation terhadap loyalitas pelanggan dengan mediasi kepuasan pelanggan pada perusahaan e-commerce Tokopedia di Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan cara purposive sampling. Sampel yang digunakan sebesar 146 responden yaitu pengguna jasa Tokopedia di Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa value co-creation berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, value co-creation berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, value co-creation berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan mediasi kepuasan pelanggan.