Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Jasa Transportasi Online
Main Authors: | Johsia, Grady, Sianto, Martinus Edy, Mulyana, Ig. Jaka |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Teknik UKWMS
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25123/1/8-Analisis_faktor_faktor_yang_.pdf http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25123/13/8-R1%262-Analisis_faktor-faktor_yang_.pdf http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25123/2/8-Analisis_faktor_faktor_yang_Hasil%20Cek%20Similarity.pdf http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25123/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat sekarang ini mendorong adanya penyedia transportasi online yang memudahkan konsumen yang bermobilitas tinggi. Moda transportasi yang sudah lama ada di Indonesia ini dibuat dengan inovasi berbasis online. Sampai saat ini, Go-Jek dan Grab terus bersaing khususnya dalam bidang transportasi roda dua dan roda empat. Maka dari itu, dilakukan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi calon pelanggan dalam memilih jasa transportasi online di kota Surabaya. Dilakukan analisis faktor untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi loyalitas pelanggan, analisis diskriminan untuk menemukan pembeda antara kedua transportasi online, dan Importance Performance Analysis dilakukan sebagai ide referensi bagi transportasi online untuk meningkatkan loyalitas konsumennya. Didapatkan hasil bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen ada 3 yaitu faktor perhatian (caring), kepercayaan (trust), dan kepuasan akumulatif (overall satisfaction). Sedangkan yang menjadi pembeda signifikan antara kelompok konsumen pemakai Go-Jek, pemakai Grab, dan konsumen yang memakai kedua layanan tersebut adalah tingkat pendapatan konsumen dan dana yang dikeluarkan dalam sebulan untuk menggunakan transportasi online.