Daftar Isi:
  • Minat belajar adalah suatu rasa keinginan seseorang untuk mempelajari sesuatu mulai dari ilmu yang didapatkan dari materi sekolah sampai mempelajari ilmu yang ada disekitar. Penelitian ini merupakan studi kasus dari pelaksanaan kuliah daring di Universitas Widya Mandala Surabaya (UKWMS) selama masa pandemi covid-19. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Teknik Industri angktatan tahun 2017-2019. Data penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner melalui Whatsapp Group (WAG) dalam bentuk link Google Form. Analisis data menggunakan teknik analisis faktor dan crosstab, sedangkan uji validasi & reliabilitas menggunakan Bivariate Pearson dan Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menunjukan terdapat 3 faktor yang mempengaruhi minat belajar mahasiswa selama masa pandemi yaitu dorongan belajar, efektivitas belajar dan distraksi. Ketiga faktor ini memiliki total variansi terhadap minat belajar sebesar 63,559%. Pengaruh yang paling dominan memengaruhi minat belajar mahasiswa selama perkuliahan secara daring adalah pengaruh dorongan belajar (34,396%), pengaruh dominan kedua adalah perhatian saat belajar (16,692%) dan pengaruh dominan ketiga adalah sarana belajar (12,470%).