Kepuasan masyarakat Surabaya dalam menonton program talkshow Indonesia Lawyer Club TV One pada media televisi dan youtube
Daftar Isi:
- Teori Uses and Gratification adalah model dimana pengguna media dapat memainkan peran aktif dalam memilih serta menggunakan media tersebut. Dengan kata lain, pengguna media lebih aktif dalam memilih mana media yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini dilkaukan untuk mengetahui kepuasan penonton Surabaya dalam menonton program talkshow Indonesia Lawyer Club TVONE pada media televisi dan youtube. Peneliti menggunakan indikator kepuasan televisi dari Conway dan Rubin, yaitu waktu luang, hiburan, informasi, tempat pelarian, relaksasi, dan peningkatan status. Pada media youtube menggunakan indikator kepuasan youtube dari Anita Whiting dan David Williams, yaitu Interaksi sosial, pencari informasi, waktu luang, hiburan, relaksasi, utilitas komunikator, tulitas kenyamanan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan kuisioner sebagai alat untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dan dibagikan kepada 100 responden di Surabaya ang menonton program Indonesia Lawyer Club pada dua media berbeda. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil yang diperoleh bahwa kepuasan yang dicari dan kepuasan yang didapat paling tertinggi terhadap penonton Surabaya dalam menonton program Indonesia Lawyer Club TVONE pada media televisi adalah Kepuasan informasi dan peningkatan status. Kemudian kepuasan yang dicari dan kepuasan yang didapat paling tertinggi terhadap penonton Surabaya dalam menonton aun channel youtube program Indonesia Lawyer Club TVONE pada media youtube adalah kepuasan pencari informasi dan utilitas kenyamanan.